BAGUZA ABRIYANTO
www.smagomokerbagus.blogspot.com BISNIS ONLINE BUAT ANAK SMA
selamat datang di blog aku

bisa belajar bisnis online di blog

ASSALAMUALAIKUM. TOLONG BUKA SITUS-SITUS SAYA

TUGAS BIOLOGI


NAMA : BAGUS ABRIYANTO
KELAS: X.3
soal SEL
ss
1.Siapakah seseorang yang pertama kali mengamati tentang sel ?
a. Robert Hooke
b. K. Williamson
c. J.B. Reece
d. Johnson
e. Theodor Schwann
2. Pada mahkluk hidup multi seluler sel-sel , yang berkumpul bersama membentuk :
a. Organ
b. Sistem organ
c. Kumpulan sel
d. Jaringan
e. Gugus sel
3. Ciri sel prokariotik adalah, kecuali
a. DNA tidak dibungkus membrane inti
b. Tidak memiliki membrane inti
c. Memiliki dinding sel
d. Inti sel dan sitoplasma di pisahkan
e. Aktifitas sel terjadi di Sitoplasma
4. Bagian dari membrane plasma yang menghadap keluar memiliki sifat :
a. Hidrofilik
b. Hidrofobik
c. Katalisator
d. Transpor
e. Mengurai
5. Unsur yang menyusun membrane plasma yang berfungsi menstabilkan membrane plasma adalah:
a. Protein
b. Lipid
c. Karbohidrat
d. Glukosa
e. Phospat
6. Transpor ion, molekul, dan senyawa yang tidak memerlukan energi disebut:
a. Osmosis
b. Transpor pasif
c. Transpor aktif
d. Transpor electron
e. Difusi
7. Perpindahan pelarut dari hipotonik ke hipertonik di sebut:
a. Hemolisis
b. Plasmolisis
c. Osmosis
d. Difusi
e. Transpor pasif
8. Pada sel hewan bila lingkungan sekitarnya hipertonik (lebih pekat) maka akan terjadi:
a. Krenasi
b. Lipid
c. Difusi
d. Plasmolisis
e. Tugrid
9. Membesarnya ukuran sel pada tumbuhan sehingga mendorong dindingselnya disebut:
a. Krenasi
b. Osmosis
c. Tugrid
d. Hemolisis
e. Plasmolisis
10. Zat yang membentuk saluran subsatnsi-subsansi sehingga bisa di lalui pada difusi disebut:
a. Asam amino
b. Glukosa
c. Protein intergral
d. Protein pembawa
e. Asam asetat
11. Proses pergerakan acak partikel-partikel dari konsentrasi tinggi ke rendah disebut:
a. Osmosis
b. Transfor pasif
c. Transfor Aktif
d. Difusi
e. Substrat
( BSE 236 kls x1 hal 21 )
12. Ilmuwan yang menyatakan bahwa sel berasal dari sel adalah :
a.Robert Brown
b.Robert Kock
c.Rudolf Virchow
d.Max Scultze
e.Schleiden
( BSE 236 kls x1 hal 3)
13. Transpor suatu zat yang mengaktifkan transport zat lain melewati membrane plasma :
a. Transpor electron
b. Kotranspor
c. Pompa ion
d. Osmosis
e. Difusi
( BSE 236 kls x1 hal 11 )
14. Transpor dengan membentuk lipatan pada membrane plasama disebut:
a. Tranfor electron
b. Kontranspor
c. Endositas dan eksositosis
d. Osmosis dan Plasmolisis
e. Endobilitas dan eksobilitas
 ( BSE kls x1 seri 189 hal 16 )
15. Fungsi inti sel berikut, kecuali :
a. Mengendalikan proses metabolisme
b. Menyimpan informasi genetic dalam bentuk DNA
c. Mengatur kapan dan di mana gen harus berkerja
d. Tempat terjadinya replikasi dan transkripsi
e. Menstabilkan kesatuan fisik membrane plasma
 ( BSE  kls  x1 189 hal 21 )
16. Cairan yang berada di dalam membrane plasma tetapi di luar nucleus disebut:
a. Plasmolisis
b. Plastida
c. Sitoplasma
d. Isopropil
e. Nukleus
( BSE 146  kls x1 hal 6 )

17. Pada Amoeba yang mengatur pergerakan selnya adalah :
a. Badan Golgi
b. Ribosom
c. Sitoskeleton
d. Lisosom
e. Retikulum Endoplasma (RE)
( BSE 146  kls x1 hal 18 )
18. Organel sel yang berfungsi mensintesis protein adalah :
a. Mitokondria
b. Lisosom
c. Ribosom
d. Badan Golgi
e. RE halus
(buku lks hal 15)
19. Organel sel yang berfungsi mensintesis lipid adalah :
a. RE kasar
b. Ribosom
c. RE halus
d. Endoplasma
e. Ribosom
(buku lks hal 17)
20. Enzim oksidatif dan katalase berada pada organel sel :
a. Mitokondria
b. Peroksisom
c. RE kasar
d. RE halus
e. Sitoplasma
(buku lks hal 15)
21. Ciri-ciri sel hewan adalah sebagai berikut,kecuali :
a. Tidak memiliki dinding sel
b. Memiliki vakuola berukuran besar
c. Tidak memiliki plastida
d. Memiliki sentriol
e. Memiliki nucleus
(buku lks hal 22)
22. Bahan utama penyusun dinding sel pada sel tumbuhan :
a. Protein
b. Glukosa
c. Selulosa
d. Seluler
e. Leukoplas
( lks biologi kls x hal 23)
23. Enzim yang berguna mentranfer hydrogen dari substrat ke oksigen :
a. Enzim katalase
b. Enzim Maltase
c. Enzim oksidatif
d. Enzim Peroksida
e. Enzim petialin
24. Pada sel hewan dan tumbuhan yang berfungsi sebagi tempat keluar dan masuknya ion, molekul kedalam dan keluar sel adalah :
a. Membran plasma
b. Nukleus
c. Ribosom
d. Badan golgi
e. RE
(Buku  lks biologi kls xhal 15 )
25. Organel sel yang terdiri dari mikrotubulus, mikrofilamen, dan filamen tengah :
a. Membran plasma
b. Sitoskeleton
c. Retikulum endoplasma
d. Lisosom
e. Mitokondria
( BSE 236 kls x1 hal 15  )
26. Tempat protein dan molekul lain ditransportasikan adalah di bagian :
a. Sitoskeleton
b. Lisosom
c. Badan Golgi
d. Peroksisom
e. Selulosa
( BSE 236 kls x1 hal 9 )
27. Organel sel yang berisi enzim pencernaan yang umumnya pada sel hewan :
a. Lisosom
b. Badan Golgi
c. Sitoskeleton
d. Sentriol
e. Nukleus
( catatan vcd  )
28. Bila di lakukan pengamatan sel hewan dengan menggunakan mikorskop cahaya, bagian sel yang tidak teramati adalah :
a. Dinding sel
b. Membran sel
c. Sitoplasma
d. Intisel atau nucleus
e. Mitokondria

29. Benda mikroskopis dapat di perbesar secara tiga dimensi dengan bantuan mikroskop :
a. Cahaya
b. Scanning electron
c. Transmission electron
d. Fluoresens
e. Fase kontras
( BSE 189 kls x1 hal 6 )
30. Unit dasar struktur membrane plasma adalah :
a. Fospolipid bilayer
b. Protein intergral
c. Kolesterol
d. Protein periferal
e. Glikoprotein-glikolipid
( BSE 189  kls x1 hal 10 )
31. Transpor molekul melalui membrane plasma yang melibatkan dua protein membrane adalah:
a. Osmosis
b. Difusi
c. Endositosis
d. Kotranspor
e. Pompa ion
(Buku  lks hal 35 )
32. Larutan yang dapat mempertahankan bentuk dan volume sel adalah :
a. Hipertonik
b. Hipotonik
c. Isotonic
d. Terlarut
e. Pelarut
( Buku lks hal 36)
33. Transpor makro melekul seperti polisakarida ke luar sel di lakukan dengan cara :
a. Osmosis
b. Difusi
c. Endositosis
d. Eksositosis
e. Transport aktif

34. Osmosis disebut juga dengan difusi air karena :
a. Air yang melewati selaput permeable
b. Air yang berpindah melewati selaput semipermeabel
c. Air yang berpindah melewati selaput impermeable
d. Air yang dapat melarutkan gula
e. Air yang menghancurkan dinding sel
( bse 189 hal 11 kls x1 )
35. Bila larutan gula dan air di masukan ke dalam wadah yang bersifat permeable akan terjadi peristiwa :
a. Difusi
b. Osmosis
c. Difusi dan osmosis
d. Imbibisi
e. Tidak terjadi apa apa
( bse 189 hal 11 kls x1 )
36. Yang berfungsi memberikan tekanan turgor terhadap sel adalah :
a. Vakum
b. Leukoplas
c. Vakuola
d. Sentriol
e. Spindel
( Buku lks hal 22 )
37. Senyawa kimia yang tidak di perlukan oleh sel itu sendiri pada vakuola adalah:
a. Tonoplas
b. Turgiditas sel
c. Metabolit sekunder
d. Metabolit primer
e. Turgiditas molekul

38. Organel bermembran rangkap dengan bentuk dan fungsi yang berbeda pada sel tumbuhan yaitu
a. Kloroplas
b. Vakuola
c. Jaringan ikat
d. Plastida
e. Jaringan epidermis

39. Organel yang menandung klorofil yaitu:
a. Kromoplas
b. Kloroplas
c. Leukoplas
d. Sentrikoplas
e. Tilakoplas
( Buku lks hal 19 )
40. Tempat menyimpan hasil fotosintesis dalam bentuk amilum adalah :
a. Kromoplas
b. Leukoplas
c. Kloroplas
d. Stroma
e. Tilakoid
( Buku lks hal 19 )
41. Tempat berlangsungnya fotosintesis yaitu di bagian :
a. Stroma
b. Tilakoid
c. Membran dalam
d. Membran luar
e. Granula
( power point sel  slide 24 )
42. Mengapa Kromoplas berwarna kuning jingga:
a. Karoten
b. Iodin
c. Plasmoid
d. Turgidus
e. Peroksida
 (BSE 285 klz x1 hal 8 )
43. Organel yang mengatur pembelahan sel hewan dan mengatur pemisahan kromosom yaitu:
a. Plastida
b. Kroroplas
c. Vakuola
d. Badan Golgi
e. Sentriol
(power point sel slide 23 )
44. Bahan penyusun sentriol yaitu :
a. Karoten
b. Iodin
c. Protein mikrotubulus
d. Karbohidrat
e. Lipid
(bse kls x1 seri 285  hal 8)
45. Struktur protein seperti jala yang tampak berlekatan dengan kromosom selama pembelahan adalah :
a. Benang spindle
b. Benang spiral
c. Jaringan ikat
d. Jaringan meristem
e. Metabolit sekunder

46. Fungsi kloroplas adalah:
a. Sebagai pusat control sel
b. Melepaskan energi dari makanan di dalam sel
c. Menghasilkan gula dengan reaksi fotosintesis
d. Mengatur sesuatu yang masuk dan keluar sel
e. Melarutkan enzim-enzim dalam air
(bse 189 kls x1 hal 25)
47. Struktur di dalam sel yang mengatur semua aktivitas sel adalah :
a. Kloroplas
b. Inti sel
c. Membrane sel
d. Vakuola
e. Situplasma
( lks kls x hal 16 )
48. Matriks mitokondria merupakan tempat terjadinya :
a. Transfer electron
b. Glikoisis
c. Sintesis protein dan lipid
d. Replikasi DNA
e. Oksidasi asam lemak dan katabolisme asetil Co A
(BSE 189 hal 25 kls x1 )
49. Sel hewan memiliki organel yang berguna saat pembelahan sel yaitu :
a. Sentriol
b. Vakuola
c. Meristem apical
d. Permeable
e. Endositosis
(catatan vcd)
50. Fotosintesis pada tumbuhan terjadi di . . . . Pada kloroplas.
a. Lumen grana
b. Stroma
c. Membrane luar
d. Tilakoid
e. Grana
(BSE 236 kls x1 hal 13)




Nama kelompok  :
BAGUS  ABRIANTO
AMIR  MUZAKI
EGA  FEBRI
WIMPY  DH1IKA  P.
DWI  RENDRA  A. H
ALIYFAN BIMA.P

UJI KOMPETENSI
Coba kerjakan di buku kerja kalian.
A.  Pilihlah salah satu jawaban soal berikut dengan tepat.

1.  Sains memiliki objek kajian berupa...
e. benda konkret yang dapat diketahui
dengan bantuan instrumen/alat bantu

                                 dari hal.3

2.  Perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi sangat pesat. Pesatnya per-
kembangan  ini  didasarkan  atas
pengalaman....
d. empiris

dari hal.3

3.  Alasan bahwa sains dikembangkan
menurut langkah yang sistematis adalah

e. agar setiap orang yang melakukan
langkah tersebut menghasilkan
produk yang sama
      
       dari hal.3


4.  Hasil penelitian sains selalu memihak
kepada....
a.       kebenaran ilmiah

dari hal.4

5.  Di bawah ini merupakan kegiatan
observasi dalam melakukan penelitian
ilmiah, kecuali....

c.memikir

dari hal.11

6.  Langkah pertama yang dilakukan oleh
peneliti dalam melakukan penelitian
ilmiah adalah...

c.mengidentifikasi permasalahan

dari hal. 10

7.  Deskripsi hasil pengamatan terhadap
objek biologi dengan indra penglihatan
adalah....

e. bentuk dan ukuran


dari hal.19



8.  Amir membaca skala termometer
menunjukkan 37o C waktu mengukur
suhu tubuh temannya. Keterampilan yang dimiliki oleh Amir adalah        
a. keterampilan mengukur

dari hal.18
9.  Seorang siswa mengamati tanaman
mangga yang bunganya sangat banyak.
Ia mengatakan sebentar lagi pohon
mangga itu akan berbuah banyak pula.
Pernyataan tersebut termasuk.....

e. rumusan hipotesis
        dari hal.16
10.  Dalam sistematika penulisan ilmiah,
latar belakang masalah ditempatkan
pada....

a. Pendahuluan
       dari hal. 13
11.  Seorang siswa kelas X ingin mengetahui
pengaruh pemberian pupuk kandang
terhadap pertumbuhan tanaman bawang
merah.
Rumusan  masalah  dari  rencana
penelitian tersebut adalah...

d. Bagaimana pengaruh pupuk kandang
terhadap pertumbuhan tanaman
bawang merah?
                            
                              dari hal.14
12.  Variabel bebas dari pernyataan soal
nomor 11 di atas adalah....

b. variasi banyak sedikitnya pupuk
kandang

dari hal .17
13.  Hipotesis yang dirumuskan dari pernya-
taan soal nomor 11di atas adalah....

d. apakah pupuk kandang memenga-
ruhi pertumbuhan tanaman bawang
merah

dari hal.16
14.  Seorang siswa bertanya kepada guru.
Bu, mengapa penyakit demam berdarah
sering mewabah?
Pertanyaan tersebut merupakan suatu
sikap ilmiah dalam hal...
a. mengembangkan rasa ingin tahu
      
15.  Beberapa syarat yang perlu diperhatikan
dalam penulisan ilmiah adalah berikut
ini, kecuali....

b.       kalimat dicetak tebal









B. Jawablah soal berikut dengan jawaban yang tepat.



1. Penelitian apakah yang tidak memerlu-

     kan hipotesis?
2. Para ilmuwan mendapatkan ilmu 
     melalui pendekatan keterampilan


proses, sebutkan aktivitas yang dapat 

digolongkan pada keterampilan proses.


                      3. Sebutkan sistematika objek yang dipela-

                           jari oleh biologi dari tingkatan yang pal-


                      ing sederhana hingga tingkatan yang pal-

                      ing kompleks.


                       4. Ciri apakah yang dimiliki kingdom 

                           fungi?


                       5. Bagaimanakah biologi berperan dalam 

                           meningkatkan kesejahteraan manusia? 

                           Jelaskan.

JAWABAN:

1.Penelitian eksploratif(penelitian yang bersifat menjelajah) dan penelitian deskriptif(penelitian yang bersifat menggambarkan) tidak memerlukan hipotesis karena tujuannya tidak menguji hipotesis akan tetapi menjawab masalah penelitian.



2.  Pengertian Keterampilan Proses
Keterampilan proses adalah keterampilan yang diperoleh dari latihan kemampuan-kemampuan mental, fisik,dan sosial yang mendasar sebagai penggerak kemampuan-kemampuanyang lebih tinggi. Kemampuan-kemampuan mendasar yang telah dikembangkan dan telahterlatih lama-kelamaan akan menjadi suatu keterampilan
Contoh aktivitas :     mengobvservasi,mengklarifikasi,memprediksi,mengukur,menyimpulkan,&mengkomunikasikan.



3. Berdasar struktur keilmuan menurut BSCS, biologi memiliki objek berupa kerajaan (kingdom): a) Plantae (tumbuhan), b) Animalium (hewan), c) Protista. Ketiga objek tersebut dikaji dari tingkat molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, sampai tingkat bioma. Adapun persolaan yang dikaji meliputi 

sembilan tema dasar, yaitu :a) Biologi (sains) sebagai proses inkuiri/ penemuan, b) sejarah konsep biologi, c) evolusi, d) keanekaragaman dan keseragaman, e) genetik dan keberlangsungan hidup, f)organisme dan lingkungan, g) perilaku, h) struktur dan fungsi, serta  I)regulasi.
Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, objek biologi juga terus berkembang. Klasifikasi makhluk hidup yang semula dibagi menjadi tiga kerajaan, menurut Robert H. Whittaker 1969 meningkat menjadi lima kerajaan, meliputi kingdom/regnum:a) Plantae, b) Animalia, c) Protista, d) Monera, dan e)jamur/fungi.
Bahkan menurut perkembangan terakhir CarlWoese (1987)makhluk hidupdiklarifikasikan menjadi 6 kingdom /regnum,yaitu:a)plantae,b)Animalia,c)Protista,d)Fungi,e)Archaebacteria f)Eubacterria.



4. Kingdom Fungi:

    Ciri : eukariotik, heterotrof, tidak berklorofil, ddg sel dari zat kitin.


   Ciri Utama dari Kingdom Fungi adalah: Multiseluler, heterotrof, memiliki dinding sel dan tidak dapat bergerak
                                                                        aktif.
   Contoh: jamur mikroskopik ( jamur tempe / Rhizopus, Penicillium) dan jamur makroskopik   (jamurmerang,
                  jamur kuping)

adanya hasil tes DNA, karena anak memiliki kesamaan enzim retriksi dengan orang tuanya.

5.
Pengetahuan mengenai mahluk hidup dimanfaatkan untuk memecahkan berbagai macam masalah untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Berbagai masalah yang berkaitan dengan sandang, pangan, papan, energi, lingkungan kesehatan bahkan sosial dapat diatasi dengan ilmu biologi. Beberapa contoh manfaat biologi dalam kehidupan adalah :

1. Pemanfaatan Biologi Dalam Bidang Pertanian
Dewasa ini telah banyak ditemukan bibit unggul dengan mengadakan hibridisasi sehingga mendapatkan varietas baru yang diinginkan. Melalui teknik hibridisasi telah didapatkan varietas unggul seperti kacang-kacangan dan serealia. Varietas padi yang bersifat unggul memiliki rasa yang enak, tahan penyakit, daya simpan lama dan berumur pendek.
Pengendalian hama dewasa ini telah dikembangkan melalui pengendalian hama secara biologis, karena penggunaan pestisida dapat menyeabkan hama menjadi resisten, sisa pestisida dapat mencemari lingkungan dan residunya tersimpan dalam tanaman yang akan menimbulkan berbagai masalah bagi kehidupan manusia. Pengendalian hama dpat dilakukan dengan berbagai cara antara lain :
- memanfaatkan predator alamiah, contoh : hama lebah penyengatuntuk kupu-kupu artona yang merusak kelapa.
- memutuskan siklus hidup hama, misalnya dengan mengadakan rotasi tanaman
- menggunakan bibit unggul tahan lama, misalnya VUTW ( Varietas Unggul Tahan Wereng )
Penyediaan bahan makanan khususnya perbanyakan bibit tanaman dikembangkan teknik kultur jaringan untuk perbanyakan tanaman perkebunan yang diperbanyak secara vegetatif dan menghasilkan banyak tanaman klon dari sejumlah jaringan awal

2. Pemanfaatan Biologi Dalam Bidang Kesehatan
Ditemukannya antibiotik dari jamur. Penicillium memungkinkan dihasilkannya penisilin dalam jumlah banyak dengan cara mengkulturkan penicillium dalam tangki fermentasi yan berisi larutan untuk pertumbuhannya. Juga ditemukan vaksin yang digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh orang yang divaksinasi sehingga menimbulkan perlindungan pada tubuh dari serangan virus dan bakteri tertentu misalnya : vaksinasi terhadap heptitis dan vaksinasi terhadap batuk rejan ( infeksi oleh bakteri ).

3. Manfaat Biologi Dalam Menyelesaikan Masalah Sosial

Molekul DNA dapat diisolasi dari sel kemudian dideteksi sehingga memberikan gambaran enzim retriksi yang khas pada setiap orang. Dalam kasus pembunuhan, pengadilan bisa melacak pelakunya bila penjahat meninggalkan sampel darah atau jaringan ditempat terjadinya kejahatan. Demikian pula kasus perebutan anak di pengadilan dapat diselesaikan denganadanya hasil tes DNA, karena anak memiliki kesamaan enzim retriksi dengan orang tuanya.